Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

10 Tips Untuk Menghemat Uang Saat Di Bali

Pak Made di sawah

Seiring Bali telah menjadi tempat favorit para turis asing, maka segala harga juga ikutan naik tinggi. Dengan adanya banyak restoran kelas atas dan penginapan mewah tampaknya Bali tidak semurah dulu.


Namun gue telah menggali info sedalam mungkin dari orang-orang Bali yang gue kenal, gue harap info-info ini bisa berguna untuk elo semua, info ini berupa tips untuk tidur, makan, dan berbelanja dengan anggaran terbatas.


Bali dikenal sebagai salah satu taman bermain favorit dan paling terjangkau di dunia, serta relatif mudah dijangkau oleh sebagian besar wisatawan. Simak tips hemat Rupiah di Bali dari gue, agar Bali tetap menjadi destinasi pulau yang mudah diakses untuk kita semua.


Penampakan bis di terminal

1. Menuju Bali


Pastikan elu berangkat ke Bali di luar waktu liburan besar seperti hari raya idul fitri, hari libur sekolah, dan sebagainya. Karena biasanya pas musim liburan, penyedia jasa transportasi akan menaikkan tarifnya dan hari libur semacam inilah yang harus kita hindari agar biaya transportasi tetap murah.


Kalau pengen yang murah banget, elu bisa naik bis yang tampak jelek di terminal dan cari yang jurusan Bali atau kalau gak nemu bisa ngoper pake bis antar kota , bis ginian walau nampak jelek soal keamanan jangan diragukan elo pasti diantar sampe tujuan dengan aman dan soal harga jelas pasti murah.


2. Hindari Penipuan


Sebagai pemandu wisata di Bali untuk turis asing, biasanya gue akan mengingatkan klien bule gue untuk selalu waspada ketika sampe di Bali, terutama di pos imigrasi, tempat pengambilan bagasi, pangkalan taksi, tempat penukaran uang dan segala macam orang-orang yang terlalu ramah, biasanya mereka akan mendekati wisatawan dengan berbagai modus penipuan dan pemerasan. Siapapun wisatawannya, entah domestik ataupun asing, hal terbaik yang dilakukan adalah tetap wapada untuk memastikan bahwa uangnya tidak berpisah dari dompet.


Info bagi wisatawan domestik maupun asing yang suka berpergian pakai pesawat. Umumnya jasa pengemudi di bandara saling bekerjasama untuk menjaga agar harga jasa mereka tetap tinggi. Elo gak akan bisa mendapatkan argo taksi dari bandara, tetapi dengan sedikit tawar-menawar elo bisa sampai ke Seminyak mulai dari 150 ribu Rupiah, atau sekitar $15USD. Beberapa orang memilih untuk keluar dari bandara untuk mengejar taksi argo umum. Sedikit terasa merepotkan, tergantung pada seberapa banyak yang telah elo kemas tetapi elo bisa menghemat hingga 50 ribu Rupiah ($5USD).


3. Menginap, tidur, ngemil


Sorganya backpacker di Bali itu terletak di Kuta, Legian dan sekitaran Denpasar, sementara beberapa wisma murah yang dioperasikan oleh penduduk setempat juga tersedia di kawasan resor lain seperti Sanur dan Ubud. Meskipun cenderung sangat mendasar, mereka bagus untuk tidur malam. Kamar dengan kipas angin dan tanpa AC biasanya lebih murah. Harga mulai dari sekitar 170 ribu Rupiah ($17USD), dan wisma serta asrama bisa lebih rendah dari 100 ribu Rupiah ($10USD) per malam. Beberapa hotel Bali termurah di AsiaWebDirect datang dengan malam gratis, dan ada 'hotel misterius' yang layak untuk dilihat, karena biasanya hotel yang lebih mahal mencoba mengisi kamar dengan harga diskon lebih besar daripada yang mereka iklankan.


Jika elo sedikit mencoba melangkah maju untuk menemukan penginapan yang lebih murah, elo mungkin bisa mendapatkan keberuntungan di sekitar Poppies Lane di Kuta atau Jalan Kajeng di Ubud. Untuk akomodasi ultra budget di kawasan Kuta dan Legian, cobalah Nakula Stay dan Billy Pendawa Homestay. Jika elo mendapatkan sarapan gratis dengan kamar elo, maka makanlah.


4. Makan dan Minum


Hindari restoran Prancis dan Italia yang mewah, tempat sushi yang mencolok, dan restoran jenis perpaduan Asia modern. Menjadi lokal akan membantu elo menghemat biaya. ‘Warung’, atau restoran bergaya lokal menyajikan berbagai masakan Bali mulai dari nasi dan mie goreng yang terkenal dan hidangan dari nasi babi guling hingga sup bakso hanya seharga Rp10.000 atau $1USD. Yang tidak boleh dilewatkan adalah restoran Nasi Campur di mana elo bisa mengisi piring elo dengan hidangan lokal dari meja prasmanan dengan harga sekitar Rp 20.000 atau $2USD.


Nasi Babi Guling Pande Egi

Gue merekomendasikan Warung Bu Mi di luar Deus di Seminyak, Warung He Bow di Canggu, atau salah satu warung yang berjejer di pantai Bukit. Pasar malam di Kuta di Jalan Blambangan menyajikan makanan panggang, hidangan gorengan, dan produk segar lainnya dengan harga sekitar Rp15.000 hingga Rp20.000 atau $1,50-$2USD yang dapat dinikmati sambil duduk di bangku plastik bersama para pekerja perhotelan dan pariwisata. Banyak kafe dan restoran bergaya Barat meminjam nama 'warung' dan menjual makanan dengan harga terjangkau.


5. Bersantai dengan harga murah


Anggur dengan anggaran terbatas adalah hal yang mustahil di Bali, dengan botol lokal termurah berharga sekitar Rp200.000 atau $20USD di supermarket dan bahkan lebih mahal lagi di bar dan restoran. Bir lokal 'Bintang' dapat dibeli mulai dari Rp15.000, atau $1,50 USD di minimarket yang dapat elo temukan di seluruh pulau. Jika elo dikenakan biaya lebih dari Rp25.000 ($2,50USD), elo mungkin harus mempertimbangkan kembali pilihan tempat elo membeli!


Mengapa tidak membeli beberapa minuman dari minimarket dan pergi ke pantai untuk menikmati matahari terbenam. Klub pantai di Seminyak mungkin tidak terjangkau oleh sebagian orang, tetapi jika elo duduk di pantai terdekat, elo bisa kok menikmati pemandangan dan musik yang sama dengan harga yang lebih murah. Banyak bar juga menawarkan happy hour yang sangat berharga, jadi pastikan elo mencatat waktunya dan membeli minuman yang sesuai!


6. Berkeliling


Taksi di sekitar Bali relatif murah, dengan tarif 30 menit tidak lebih dari Rp100.000 atau $10 USD. Namun bagi yang benar-benar bujet miskin, Bali memiliki bus umum baru bernama Trans Sarbagita yang beroperasi mulai pukul 05:00 hingga 21:00 WITA. Ini adalah bus biru cerah yang harganya hanya Rp3.500 (35c) per transit dan sebagian besar ditujukan untuk penduduk lokal. Jadwal waktu bisa sangat tidak terduga karena lalu lintas yang tak menentu.


Untuk yang lebih suka berpetualang, sewa motor matic umumnya merupakan cara termurah dan termudah untuk bepergian dengan harga sewa mulai dari Rp50.000 - Rp100.000 atau $5USD-$10USD per hari.


Sebagai pemandu wisata yang baik, gue pasti akan mengingatkan klien bule gue supaya selalu memakai helm, membawa SIM internasional saat menggunakan motor, jangan ugal-ugalan, taati peraturan dan berhati-hati sama polisi, karena polisi di sini sering menargetkan wisatawan asing atau bule untuk suap.


7. Lihat dan Lakukan


Elo bisa menemukan sejumlah aktivitas tanpa dipungut biaya atau gratis di Bali. Elo tidak akan dikenakan biaya untuk menghabiskan hari di salah satu pantai yang menakjubkan di Bali. Elo akan menemukan pemandangan alam berupa panorama gunung dan persawahan yang dapat elo kunjungi serta Pura dan istana kerajaan dengan sedikit biaya masuk atau bahkan tanpa biaya masuk.


Begitu elo meninggalkan tempat wisata, elo akan menemukan balai masyarakat Banjar, tempat penduduk desa berlatih pertunjukan tari atau prosesi penuh warna di jalan untuk upacara dan pemakaman. Di belakang Institut Kesenian Denpasar terdapat amfiteater di mana elo pasti akan menemukan pertunjukan regulernya para siswa.


Festival Kesenian Bali dan festival Layang-layang Bali juga akan memberi elo pengalaman budaya yang kaya dan elo bisa nikmati secara gratis. Yang paling mantab adalah festival Nyepi di mana elo akan melihat perayaan unik yang melibatkan pawai ogoh-ogoh di antara komunitas lokal. Pasti pengalaman sekali seumur hidup bagi wisatawan domestik dan asing!


8. Beli dan Tawar


Elo bisa menemukan segalanya mulai dari Rolex tiruan hingga kacamata hitam Oakley tiruan dan bahkan barang elektronik palsu tersedia di pantai dan kios pinggir jalan. Elo mungkin melirik harganya yang menggoda tetapi perlu diingat bahwa kualitasnya rendah dan elo akan mendapati barang yang elo beli tidak akan bertahan lama setelah elo tiba di rumah.


Jangan takut untuk menawar jika ditawari dengan harga yang tak masuk akal ketika di Bali, penjualnya pasti memaklumi dan bahkan menikmatinya. Bagikan tawa dan tawar-menawar dari sekitar sepertiga dari harga awal yang diminta penjual hingga elo mencapai kesepakatan.


Namun karya seni dan kerajinan tangan bisa menjadi pembelian yang bagus. Ada toko seni harga tetap seperti Erlangga dan Krishna Bali yang dapat membuat elo terbebas dari segala kerumitan.


Ibu Ninik Wayan - Tukang Pijat di Pantai Kuta

9. Spa di Pantai


Mendapatkan pijatan di pantai bisa lebih murah daripada mengunjungi tempat spa. Elo tidak akan mendapatkan fasilitas khusus layaknya di tempat spa, akan tetapi pemijat pantai umumnya cukup terampil, dan elo akan mendapati angin laut yang lembut yang akan membantu elo tertidur. Tentu saja, harga dapat dinegosiasikan, dengan pijat punggung selama 30 menit atau pijat tubuh selama satu jam dengan biaya mulai dari Rp25.000-100.000 ($2,50USD-$10USD).


10. Meninggalkan Bali


Bahkan beberapa akomodasi hemat memiliki layanan transfer antar-jemput gratis ke bandara. Tanyakan di meja depan untuk mengetahui apakah layanan ini tersedia untuk elo. Bagi mereka yang menghabiskan terlalu banyak uang untuk bersenang-senang, elo bahkan dapat berjalan kaki ke bandara dari penginapan elo di Tuban atau Kuta Selatan.

Argo Candra
Argo Candra "You have to believe in yourself.” ― Sun Tzu, The Art of War

Post a Comment for "10 Tips Untuk Menghemat Uang Saat Di Bali"