Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Desa Lokal yang Dapat Elo Kunjungi Untuk Rasa Sejati Bali


Di luar keramaian Kuta, ada beberapa desa yang memperlihatkan Bali dari sisi yang sungguh berbeda. Di mana tradisi dan upacara mewarnai kehidupan di desa, prosesi, dupa, dan nyanyian mantra memenuhi udara dan penduduk setempat tersenyum sepanjang hari. Dapatkan tukang ojol dan keluarlah dari keramaian dan hiruk pikuk - dan rasakan nikmatnya alam di Desa.




Kabupaten Bangli yang indah di Bali Tengah adalah rumah bagi Desa Penglipuran yang ramah foto. Hanya setengah jam dari Gianyar dan 700m meter di atas permukaan laut berarti ada angin sejuk di hari yang panas - cocok untuk perjalanan sehari saat mengunjungi Ubud.




Gianyar juga merupakan rumah bagi desa pengrajin tradisional Bali. Desa Celuk merupakan daerah penghasil perhiasan perak. Sebagian besar penduduk desa di sini adalah pengrajin emas atau perak. Berbelanja atau ikuti kelas dan buat perhiasan Elo sendiri.


Batubulan menjadi tuan rumah tarian tradisional Bali. Tari Barong yang rumit, Kecak, dan tarian Legong yang indah. Jelajahi bengkel pemahat batu dan pemahat kayu - beli mahakarya dari sini - penduduk setempat mengatakan bahwa mereka memiliki kekuatan mistis.


Hanya 6 km dari Ubud terdapat Desa Mas yang terkenal dengan ukiran kayu Bali berkualitas tinggi. Seorang pecinta seni harus berkunjung. Kemudian menuju ke Batuan yang terkenal dengan lukisan tradisionalnya yang dibuat dengan gaya khas Bali.




Nyuh Kuning yang unik terletak di belakang Hutan Kera Suci Ubud dan jalan-jalannya yang dipenuhi pohon kamboja adalah salah satu yang terbersih dan ramah di pulau dewata. Penduduk setempat dan ekspatriat telah menciptakan surga tradisional yang cukup jauh dari gerombolan dan keriuhan turis Ubud. Pura di desa menjadi tempat upacara, lapangan sepak bola setempat menjadi pusat kehidupan di desa - layang-layang terbang, orang bermain sepak bola - aktifitas berjalan dengan santai. Dan semua orang saling mengenal.




Desa Tihingan di Klungkung terkenal sebagai penghasil alat gamelan khas Bali. Dari gong tradisional, gendang dan semua benda ritual yang dibutuhkan oleh pendeta tinggi pasti ada. Pergi ke Tihangan seperti melangkah mundur dalam waktu. Pergilah mengembara kawan dan temukan galeri seni setempat, lalu cari tanda di masing-masing pusaka warisan keluarga pada setiap alat musik.




Kabupaten Karangasem yang terletak di Bagian timur Bali juga merupakan rumah bagi beberapa desa tertua di pulau ini. Orang Aga di Tenganan Pegringsingan memproduksi salah satu tekstil paling langka di dunia. Dan juga terkenal dengan keranjang dan tenunnya yang rumit.

Argo Candra
Argo Candra "You have to believe in yourself.” ― Sun Tzu, The Art of War

Post a Comment for "Desa Lokal yang Dapat Elo Kunjungi Untuk Rasa Sejati Bali"